PROGRAM SIDI KUMBARA

Berdasarakan Surat Edaran Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Badung nomor 51.7/1196/DISKOPUKMP Tanggal 3 Juli 2024, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan bekerjasama dengan Bank BPD Bali Menyelenggarakan Program Subsidi Kredit Usaha Mikro Badung Sejahtera Bagi Usaha Mikro di Kabupaten Badung (SIDI KUMBARA) yang merupakan kredit program pemerintah kabupaten Badung dengan subsidi biaya kredit hingga 0%.

Bagi masyarakat yang menjadi pelaku usaha mikro dan sedang memerlukankan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha, dapat mengajukan Permohonan Surat Keterangan usaha sebagai usaha mikro binaan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung dengan membawa:
• Fotocopy KTP
• NIB
• Fotocopy Kartu Keluarga
• Surat Keterangan Domisili Dari Perbekel/Lurah

Sosialisasi Sidi Kumbara Bank BPD Bali 
Mangupura, 16 Juli 2024 Kegiatan dimulai pukul 14.45, dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Badung, Ketua Dprd, Perwakilan BI, perwakilan OJK, direksi BPD Bali, Perwakilan Jamkrida, unsur OPD Kab. Badung, dan undangan lainnya.

Sidi kumbara (Subsidi Kredit Usaha Mikro Badung Sejahtera), merupakan program unggulan pemda badung belerjasama dg BPD Bali sebagai dukungan untuk UMKM di Badung. Sambutan 1, Diskop Badung: BPD Bali sangat mendukung akses permodalan dalam hal ini UMKM dalam meningkatkan omset penjualan. Apresiasi atas kerjasama dg BPD Bali, umkm Badung dapat mengakses permodalan melalui program kredit yang semua biaya dicover pemda badung dengan jumlah kredit sampai dengan 25jt rupiah dalam jangka waktu 24bulan, subsidi biaya bunga, biaya profisi, jaminan usaha, admin dll.

Kriteria pemohon adalah pelaku usaha mikro, modal usaha paling banyak 1M hasil penjualan 2M, bukan asn/tni/polri, memiliki nik badung, domisili, surat usaha terdaftar di desa, surat ijin dari diskop badung, analisa dari bank bpd bali, diutamakan pelaku usaha wanita, disabilitas, pemangku, serati banten, pecalang. Sambutan 2 Dirut BPD Bali: pemda badung saat ini sebagai pengendali saham bpd bali dengan jumlah saham 40%. Tahun buku 2023 bpd bali memberi deviden ke pemda badung hampir 204M, hampir 50%csr digunakan untuk peningkatan kapasitas pembiayaan UMKM, semoga tahun depan dapat ditingkatkan agar dapat diperluas cakupan subsidi untuk masyarakat.

Pemanfaat kredit mendapatkan jaminan bpjs ketenagakerjaan shg apabila terjadi kondisi tertentu asuransi ini dapat membantu. Sambutan 3 Bapak Wabup Badung : pemda badung dengan bersinergi dengan bpd bali, sebagai suatu kebijakan yang monumental, pemerintah dapat hadir dengan keberpihakan riil untuk umkm. 5 hal dalam pengembangan umkm yg harus terintegrasi yaitu manajemen, man, marketing, material/produk, modal. Mohon umkm/masyarakat juga berkomitmen, disiplin agar berikutnya kebijakan ini bisa ditingkatkan. Pertumbuhan perekonomian badung meningkat, salah satunya adalah dari sektor umkm. Acara dilanjutkan dengan launching program dg pemukulan gong.

KIM Sulangai

 

#sulangai #desasulangai #kimsulangai